Tingkatkan kualitas layanan, Karantina Pertanian Yogyakarta gelar Forum Konsultasi Publik

Sleman (24/6) Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta menggelar Forum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan standar pelayanan publik. Hal itu sejalan dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 15 Tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Lingkup Badan Karantina Pertanian, Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta menyelenggarakan fungsi salah satunya adalah pelaksanaan pemberian pelayanan operasional di bidang karantina hewan dan tumbuhan.

“Sebagai instansi pelayanan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun dan menetapkan Standar Pelayanan dengan mengikutsertakan masyarakat dan pihak terkait. Sejalan dengan hal tersebut Peraturan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyatakan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib melakukan forum komunikasi publik yang diikuti oleh tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, organisasi profesi, lembaga swadaya mMasyarakat dan media massa,” kata Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta Ina Soelistyani dalam rilisnya, Jumat (23/6/2023).

Sebelumnya telah dilaksanakan Pra FKP pada hari Senin, 19 Juni 2023 dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) mengupas Standar Pelayanan Publik Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta. Dalam FGD tersebut para peserta memberikan saran dan masukan terhadap beberapa hal yang berkaitan dengan pelayanan publik sehingga dapat menjadi evaluasi dan koreksi untuk perbaikan layanan yang selama ini telah terjadi.

Turut hadir dalam forum komunikasi publik kali ini yaitu Ketua Ombudsman RI Perwakilan Propinsi DI Yogyakarta; Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayananan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Yogyakarta; Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam Yogyakarta; Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Yogyakarta; Kepala Kantor SPP Pos Yogyakarta. Kemudian eneral Manager PT Angkasa Pura I Bandara YIA; General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisumarmo; Ketua Departemen Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Fakultas Kedokteran UGM; Ketua Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian UGM; Kepala Balai Besar Veteriner Wates; Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi DIY; Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman.

Ia menambahkan terpeliharanya sistem manajemen mutu serta capaian prestasi oleh Karantina Jogja mulai dari Wilayah Bebas Korupsi (WBK) hingga Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Ketua Ombudsman Perwakilan DIY Budhi Masthuri memberikan apresiasi atas kedisiplinan Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta dalam menyelenggarakan kegiatan reviu Standar Pelayanan Publik setiap tahunnya. Fokus dari Standar Pelayanan Publik adalah berintegritas dan menyenangkan bagi pengguna layanan.

Nilai integritas dibangun dari nilai-nilai semangat melayani, konsistensi terhadap azas, serta komitmen pada visi dan misi lembaga. Sedangkan lima hal menyenangkan meliputi bukti fisik yang tersentuh (tangibles),  kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty). Forum Komunikasi Publik Kali ini menjadi harapan bagi terwujudnya pelayanan publik yang menyenangkan, mudah, murah dan ramah.

Berita Acara Kesepakatan dapat dilihat pada link ini. Masyarakat umum dapat melihat dan mempelajari standar pelayanan yang telah disusun serta memberikan saran, masukan dan kritik maupun mengajukan keberatan melalui link https://linktr.ee/karantinapertanianyogya .