• 0274-488856
  • admin@karantinayogya.org
  • Jl. Laksda Adisucipto Km. 8, Sleman, Yogyakarta
berita
Mengulik Potensi Ekspor Gunung Kidul

Mengulik Potensi Ekspor Gunung Kidul

Gunung Kidul (30/03) –
Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani Badan Karantina Pertanian melakukan kunjungan ke Ayodhya Farm, milik Bapak Budiyanto, pengusaha yang ingin mengembangkan kawasan daerah asalnya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanah kelahirannya menjadi breeding farm sekaligus kuliner dan sarana eduwisata khususnya terkait budidaya domba di desa Karangtengah II, Wonosari, Gunung Kidul.
Populasi saat ini yakni jumlah kambing jenis lokal 380 ekor, 100 ekor domba dorper dan beberapa jenis domba morino dan pejantan garut. Ke depan diharapkan dapat dilakukan pembibitan yang kemudian disilangkan antara domba dorper jantan dengan domba betina lokal, sehingga anakan F1 cross ini memiliki performa yang cukup baik sebagai domba pedaging dengan harga cukup murah.
Pengembangan ke arah ekspor masih sangat panjang mengingat saat ini sedang memulai untuk breeding dan persilangan bibit domba penghasil F1 serta penataan lahan budidaya. Namun peluang tersebut cukup menjanjikan, khususnya terkait produk akhir olahan domba dan turunannya.
Pada kesempatan ini Wisnu Wasisa berharap peternakan ini dapat dikelola dengan baik, sehingga mampu menghasilkan ternak maupun turunannya yang dapat diekspor.