• 0274-488856
  • admin@karantinayogya.org
  • Jl. Laksda Adisucipto Km. 8, Sleman, Yogyakarta
berita
Sinergi Karantina Pertanian, Pemda dan Kepolisian DIY Dukung Akselerasi Ekspor

Sinergi Karantina Pertanian, Pemda dan Kepolisian DIY Dukung Akselerasi Ekspor

Bantul (31/12) – Kementerian Pertanian kembali mengulang kesuksesan ekspor komoditas pertanian dengan mengusung Gebyar Ekspor di penghujung tahun 2021 melalui pelepasan ekspor komoditas pertanian di 34 pintu. Pada acara Gebyar Ekspor yang berpusat di Terminal Peti Kemas Makassar, Sulawesi Selatan ini dilakukan pelepasan ekspor komoditas pertanian oleh Menteri Pertanian dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia secara serentak dengan total barang yang diekspor senilai 14,4 triliun rupiah ke 124 negara.


Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu pintu ekspor yang juga melepas komoditas pertanian ke beberapa negara pada penghujung tahun 2021. Acara pelepasan ekspor komoditas pertanian ini dilakukan di Gudang PT. Eastern Living International yang berlokasi di Bantul dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah DIY, Kabag Dalops Roops Polda DIY, Staf Ahli Bantul Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DIY serta instansi terkait lainnya.
Komoditas pertanian yang diekspor pada gebyar ekspor DIY bernilai total 29,2 miliar rupiah meliputi : kulit kambing jadi, barang kerajinan tangan (dari kayu/rotan/produk tumbuhan), furnitur, plywood, gula kelapa, salak, cassia, nutmeg dan vanila. Negara tujuan ekspor pada gebyar ekspor juga beragam meliputi: Thailand, Spanyol, Kanada, Malaysia, Belanda, Amerika serikat, Cina, Australia, Perancis dan Jerman. Sekretaris Daerah DIY secara simbolis melepas kontainer ekspor melalui prosesi pemecahan kendi didampingi oleh Kabag Dalops Roops Polda DIY dan Staf Ahli Bupati Bantul bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan.
#karantinapertanianyogyakarta