• 0274-488856
  • admin@karantinayogya.org
  • Jl. Laksda Adisucipto Km. 8, Sleman, Yogyakarta
berita
Sinergi Melindungi tumbuhan satwa liar, Penegakan Hukum Diperkuat

Sinergi Melindungi tumbuhan satwa liar, Penegakan Hukum Diperkuat

Jakarta – Dua entitas yang memiliki tugas menjaga kelangsungan sumber daya alam hayati tanah air agar tetap sehat, aman dan berkelanjutan, menandatangani perjanjian kerja sama dalam penegakan hukum di bidang tumbuhan dan hewan atau satwa liar (TSL). Masing –masing adalah Badan Karantina Pertanian (Barantan), Kementerian Pertanian dan Direktorat Jendral Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
“Hutan adalah banknya pertanian. Di sana ada sumber daya hayati hewani dan nabati. Kekayaan alam yang luar biasa menjadi kewajiban kita untuk menjaganya,” kata Kepala Barantan, Bambang saat memberikan sambutan pada penandatangan kerjasama ini di Jakarta, Rabu (15/12).
Menurut Bambang, penandatanganan ini menjadi komitmen bersama dalam menjaga ekosistem dan keberagaman sumber daya hayati nabati juga hewani.
“Kerja sama ini penting dalam menjaga kekayaan bangsa Indonesia dan ekosistem dari ancaman perburuan dan perdagangan ilegal. Nilai perdagangan ilegal ini mencapai miliaran dolar, belum lagi yang legal. Banyak tumbuhan dan satwa eksotis yang tidak dimiliki oleh negara lain yang perlu kita lestarikan,” tutur Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rasio Ridho Sani.
(Humas Barantan)
Selengkapnya berita dapat diakses pada tautan berikut: