Karantina Yogya melaksanakan pemusnahan media pembawa

Karantina Yogya melaksanakan pemusnahan media pembawa

Bandara Adisucipto bukanlah  tempat pemasukan buah dan sayuran segar. Hal ini sesuai dengan Permentan No 42 pasal 14 Tahun 2012. Calon penumpang pesawat yang melalui Bandara Adisucipto perlu mengingat notice ini agar barang bawaan berupa media pembawa tidak ditahan oleh petugas karantina.

Selain itu, media pembawa tanpa dilengkapi dokumen persyaratan karantina juga tidak akan bisa lolos dari pemeriksaan karantina. Media pembawa berupa daging, sosis, nuget atau bahan asal hewan dan hasil bahan asal hewan. Setelah melalui prosedur penahanan,  proses berlanjut pada tahap pemusnahan terhadap media pembawa tanpa dokumen karantina.

Pemusnahan Media Pembawa HPHK dan OPTK

Akibat ketidakpatuhan terhadap UU Karantina Pertanian, pada Kamis, 31 Agustus 2017 Balai Karantina Pertanian Kelas Yogyakarta melaksanakan kegiatan pemusnahan terhadap media pembawa HPHK dan OPTK. Kegiatan  dihadiri oleh perwakilan dari Bea cukai, security logistic bandara, Kantor Pos dan Polres Sleman.

Kalau kita ingin kekayaan alam hayati nabati hewani, ayo kita patuhi juga peraturan perundangan yang berlaku. Semua untuk lestarinya sumber daya alam kita dan untuk anak cucu kita.