Perkenalkan I-Mace ke Pemkot Solo, Karantina Yogya sosialisasikan potensi ekspor pertanian

berita

Surakarta (02/08) – Ina Soelistyani, Kepala Karantina Pertanian Yogyakarta didampingi Budi Susilo selaku Kepala Subbagian Tata Usaha menyampaikan surat Menteri Pertanian terkait penunjukan tenaga admin aplikasi I-MACE (Indonesian Map of Agricultural Commodities Exports) kepada Ir. Ahyani, M.A selaku Sekretaris Daerah Kota Surakarta.
Pada kesempatan tersebut Ina Soelistyani juga memperkenalkan tentang aplikasi I-MACE yang merupakan aplikasi mengenai peta potensi komoditas ekspor yang dimiliki oleh Kementerian Pertanian. Melalui aplikasi ini data informasi ekspor terkait negara tujuan, pelaku usaha, serta sentra komoditas ekspor terhimpun secara real time.

Selain itu, aplikasi ini juga menyajikan data pemetaan potensi komoditas pertanian ekspor di daerah sentra dan menjadi input dalam pemberdayaan masyarakat. Untuk memudahkan penggunaannya, IMACE hadir dalam dua platform aplikasi yang berbasis situs web dan berbasis android yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja

Ina Soelistyani juga menyampaikan agenda merdeka ekspor secara virtual yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2021 dengan 17 unit pelaksana teknis Karantina Pertanian sebagai pintu ekspor. Ina berharap kegiatan ini dapat mendorong para pelaku usaha khususnya di bidang pertanian untuk meningkatkan ekspor Indonesia.