Kerjasama, Karantina dan GPEI Kurasi Produk Siap Ekspor di Kulonprogo

Arsip Berita
Kulonprogo (24/05) – Karantina Pertanian Yogyakarta ikuti audiensi GPEI ke Bupati Kulon Progo dan lakukan kurasi produk siap ekspor.
Kegiatan ini selaras dengan program utama Kementerian Pertanian yaitu Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor. Program dari GPEI ini bertujuan untuk mendorong produk UMKM Kulon Progo untuk masuk ke pasar global (mendorong ekspor).
Pada audiensi, GPEI menjelaskan beberapa langkah menuju ekspor bagi pemula atau UMKM, antara lain: kelas ekspor, inkubator ekspor, kurasi ekspor, pendampingan ekspor dan informasi pasar ekspor.
Kegiatan dilanjutkan dengan kurasi produk UMKM Kabupaten Kulon Progo. Kurasi produk UMKM dikategorikan pada makanan minuman dan non makanan minuman. Berdasarkan hasil kurasi, tim gabungan GPEI menyimpulkan bahwa gula semut dan cabai kering dapat dilakukan pendampingan ekspor.
Dua komoditas tersebut juga menjadi perhatian Karantina Pertanian Yogyakarta karena merupakan produk agro. Ke depannya, Karantina Pertanian Yogyakarta akan lebih banyak berkoordinasi dengan GPEI terkait pendampingan dua komoditas tersebut.