Mitra Turindo Ekspor Salak Yogya Ke London

berita
Kulonprogo (01/05) – Tanaman salak banyak tumbuh di Kabupaten Sleman, Magelang, Padang Sidempuan, Karangasem, Enrekang, Lombok Barat, Bali  dan beberapa daerah lain. Potensi pasar ekspor masih terbuka lebar ke negara-negara lain, baik Asia, Eropa maupun Amerika.  Salah satu persyaratan yang harus dilengkapi untuk dapat mengekspor buah salak adalah adalah buah yang diekspor harus berasal dari kebun dan packing house  yang teregistrasi.

Salah satu varietas buah salak yang cukup digemari adalah salak pondoh. Kabupaten Sleman merupakan satu sentra utama salak pondoh di Provinsi Yogyakarta. Selama ini, Karantina Pertanian Yogyakarta telah seringkali melakukan pemeriksaan dan sertifikasi untuk ekspor buah salak ke mancanegara dengan tujuan China, New Zealand, dll.

CV. Mitra Turindo merupakan salah satu eksportir yang memiliki packing house teregistrasi, pada pekan pertama bulan Mei 2021 melakukan pengiriman salak ke London, United Kingdom.

Setelah Pejabat Karantina memeriksa fisik 100 kg salak dan memastikan kesesuaian dokumen persyaratan karantinanya. Pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan salak bebas organisme pengganggu tanaman karantina (OPTK) khususnya lalat buah.
Dari hasil pemeriksaan tersebut, Pejabat Karantina memastikan salak senilai 9,8 juta rupiah tersebut sehat, bebas dari serangga dan jamur sehingga layak diterbitkan Phytosanitary Certificate.