Ekspor Pakis ? Ternyata Bisa

berita
Tanaman pakis (Leatherleaf Fern) merupakan salah satu tanaman hias daun potong yang populer di Indonesia. Leatherleaf fern atau pakis adalah jenis paku-pakuan dengan nama latin Rumohra adiantiformis. Di luar negeri pakis ini banyak diburu sebagai tanaman hias, daun potong pakis ini juga sering dipakai sebagai bahan pengisi rangkaian bunga.
Petugas memeriksa daun pakis kemasan
Kulonprogo (21/04) – PT.Tropika Flora Persada melaporkan 1,3 ton tanaman pakis Daun pakis ke Karantina Pertanian Yogyakarta Wilker YIA (Yogyakarta International Airport). Tanaman pakis yang berasal dari magelang ini telah melewati proses sortir untuk mendapatkan ukuran tanaman (khususnya daun) yang seragam dan pembersihan supaya bebas dari serangga dan jamur.
Tanaman pakis milik PT.Tropika Flora Persada ini akan dikirim ke Jepang, di sana pakis banyak digunakan sebagai penghias ruangan di perkantoran, pusat perbelanjaan dan rumah. PT.Tropika Flora Persada berencana melakukan pengiriman rutin melalui bandara YIA.
Dari hasil pemeriksaan pejabat karantina, dipastikan tanaman sehat serta telah sesuai dokumen persyaratannya sehingga layak untuk diterbitkan Phytosary Certificate.