Penilaian Tempat Lain oleh Karantina Pertanian Yogyakarta

artikel
Sukoharjo (07/07)- Pejabat Karantina di Wilker Adisumarmo melakukan pemeriksaan kelayakan di PT. Bening Big Tree (BBT) untuk penuhi persyaratan sebagai Tempat Lain Tindakan Karantina Pemeriksaan secara visual.
PT. BBT merupakan perusahaan di Kabupaten Sukoharjo yang rutin melakukan ekspor gula semut, aminos dan nektar. Berbagai negara tujuan ekspor diantaranya Amerika Serikat dan Belanda yang mempersyaratkan dokumen Phytosanitary Certificate dari negara asal.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38/Permentan/OT.140/3/2014 bahwa tindakan karantina dapat dilaksanakan di luar tempat pemasukan/pengeluaran atau yang disebut dengan tempat lain. Sebagai bahan pertimbangan untuk disetujui sebagai tempat lain di luar pintu pengeluaran harus dilakukan penilaian kelayakan. Untuk itu dilakukan penilaian kelayakan terhadap tempat (PT. BBT)beserta sarana yang ada serta terpenuhinya aspek administrasi dan aspek teknis gudang penyimpanan media pembawa.
Dengan disetujuinya sebagai Tempat Lain di Luar Tempat Pengeluaran maka diharapkan adanya efektivitas dalam melakukan tindakan pemeriksaan karantina secara visual sehingga mendukung proses akselerasi ekspor.
Hasil penilaian kelayakan Tempat Lain dengan target PT. Bening Big Tree yaitu persyaratan terpenuhi sehingga layak untuk disetujui sebagai Tempat Lain Tindakan Karantina Pemeriksaan secara visual.