Layanan Terpadu, Sertifikasi dan Pengujian Laboratorium Satu Atap

Arsip Artikel
Sleman (03/08)- Pada awal minggu ini, Deni, Pengguna Jasa rutin kembali melaporkan unggas yang akan dilalulintaskannya ke Batam. Kali ini unggas yang akan dikirimnya terdiri dari 2 ekor ayam bangkok, 18 ekor cemani dan 24 ekor kalkun.
Untuk melalulintaskan unggas ini dipersyaratkan adanya SKKH dari Dinas yang membidangi peternakan dan kesehatan hewan setempat serta hasil uji laboratorium yang menyatakan bahwa titer antibodi Avian Influenza negatif.
SobatQ, laboratorium Karantina Pertanian Yogyakarta sudah mendapat akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017 dari Komite Akreditasi Nasional untuk ruang lingkup pengujian titer antibodi AI menggunakan tes HI sehingga untuk sampel darah unggas dapat diujikan di sini.
Tidak luput, sampel unggas milik Deni pun diambil sampel darahnya untuk diuji di laboratorium. Hasil laboratorium ini akan menentukan terbit tidaknya Sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11).
Dengan status terakreditasi, dipastikan komoditas yang dibawa akan ditangani dengan baik oleh Pejabat Karantina. Layanan terpadu berupa sertifikasi dan pengujian laboratorium disiapkan untuk mempermudah pengguna jasa dalam melalulintaskan komoditasnya.