Yogyakarta (08/12)- Bertempat di titik nol kilometer Yogyakarta (depan Benteng Vandenberg) diselenggarakan Gelar Pangan Lokal Berbasis UMKM (Unit Mikro Kecil Menengah).

Acara diikuti oleh kurang lebih 4000 peserta dan dihadiri langsung oleh beberapa pejabat eselon satu Kementerian Pertanian. Kepala Badan Karantina Pertanian, Ir. Ali Jamil, M.P, P.hD. memperkenalkan program I-MACE kepada Menteri Pertanian dan Gubernur DI Yogyakarta, kemudian dilakukan penyerahan I-MACE secara simbolis dari Menteri Pertanian kepada Gubernur DIY.

Pada acara Gelar Pangan Lokal ini juga diselenggarakan senam bersama, talkshow dan lomba menggambar. Karantina Pertanian turut berkontribusi dengan menyediakan 2000 air mineral untuk dibagikan kepada peserta.

Acara yang dibuka oleh Menteri Pertanian ini bertujuan agar kemitraan di dalam produksi pangan lokal baik di hulu sampai hilir tumbuh dengan baik, yang tentu melibatkan semua sektor.

Ketahanan pangan merupakan tanggung jawab kita bersama. Gelar Pangan Lokal dimulai dari Yogyakarta untuk dapat diikuti di seluruh Indonesia. Mari kita teruskan semangat gelar pangan lokal untuk ketahanan pangan yang lebih kuat.