Peserta berlatih mencari sudut pemotretan terbaik

Sleman (12/11)- Karantina Yogya adakan pelatihan griyaan penulisan jurnalistik dan fotografi untuk 25 ASN fungsional umum. Bertempat di ruang rapat Karantina Yogya, Ety Handayaningsih dari komunitas Emak Blogger Solo selaku narasumber memberikan materi penulisan berita untuk website dan fotografi menggunakan smartphone.

Narasumber memberikan saran hasil pemotretan

Pelatihan griyaan ini diselenggarakan agar pegawai fungsional umum terampil dan berperan aktif dalam menulis berita. Pelatihan ini dipilih mengingat selama ini penulisan berita dan fotografi (untuk berita) hanya dilakukan oleh humas/tim humas, kenyataannya di lapangan banyak kegiatan yang tidak terkemas menjadi berita karena keterbatasan petugas kehumasan.

Pada pelatihan penulisan berita, peserta berlatih menyusun judul berita. Hasil penilaian narasumber, peserta masih perlu banyak berlatih agar dapat mengemas  judul dan lead berita yang lebih atraktif.  Judul dan teras berita sangat penting mengingat pembaca berita online sering melakukan pindai cepat sebelum melanjutkan membaca.

Untuk materi fotografi, narasumber menjelaskan teknik-teknik dasar memotret menggunakan smartphone.
Peserta praktik memotret dengan objek benda/orang di sekitar lingkungan Karantina Yogya. Narasumber memberikan penilaian kepada peserta dengan tulisan dan hasil foto terbaik.

#laporkarantina
#karantinapertanianyogyakarta