Musim kemarau yang berkepanjangan di wilayah Indonesia berdampak kekeringan di wilayah Gunung Kidul. Warga yang kebanyakan berdomisili di wilayah pegunungan merasakan kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Keadaan ini menumbuhkan empati bagi pegawai dan Darma Wanita lingkup Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta untuk sekedar berbagi dan meringankan beban sesama warga Indonesia. Dengan mengumpulkan donasi seikhlasnya, pegawai dan Dharma Wanita BKP Kls II Yogyakarta berhasil mengumpulkan bantuan dan diwujudkan 40 tangki air bersih, diserahkan kepada warga desa Pakel Kopek, Pucung, Girisubo, Gunung Kidul, DIY.

Dipimpin oleh Kepala Balai, drh. Ina Soelistyani, Ketua Darma Wanita BKP Kls II Yogyakarta, Ibu Ambar Budi Susilo, dan perwakilan Darma Wanita Pusat Barantan yakni Ibu Yuliati Wisnu Haryana,  Ibu Isti Mardani Agus Sunanto serta pegawai dan Darma Wanita berkenan secara simbolik menyerahkan bantuan tersebut pada tanggal 12 Oktober 2019 bertempat di desa Pakel Kopek, Pucung, Girisubo, Gunung Kidul, DIY.

Hal-hal baik perlu dibudayakan dan ditumbuhkan sehingga menjadi berkah bagi sesama. Bravo Pegawai dan Dharma Wanita BKP Kls II Yogyakarta.