Senam Agro Gemilang menjadi pembuka rangkaian kegiatan Bulan Bhakti Karantina Pertanian Tahun 2019 di Karantina Yogyakarta. Diikuti oleh seluruh karantinawan dan karantinawati Karantina Yogyakarta, geliat Quarantine Minded diserukan melalui peringatan hari ulang tahun karantina pertanian ke 142 (14/6).

Penyerahan bendera lambang karantina pertanian kepada ketua panitia pelaksana lokal oleh Kepala Balai sebagai sebagai simbol dimulainya rangkaian kegiatan bulan bhakti karantina. “Gelorakan semangat akselerasi ekspor dan Quarantine Minded” ujar Ina Soelistyani pada pembukaan bulan bhakti karantina pertanian.

Senam Agro Gemilang, dilanjutkan dengan bersih kali Santan adalah rangkaian pembuka kegiatan hari ini, dilanjutkan dengan bakti sosial ke panti sosial Treshna Werda Budi Luhur di Kasongan-Bantul. Di minggu ke-empat bulan Juni juga akan dilaksanakan pembinaan mental pegawai untuk tingkatkan profesionalitas karantinawan karantinawati dalam pelayanan karantina, akselerasi ekspor di minggu pertama bulan Juli 2019 dan ditutup dengan apel Jumat pagi pada minggu ke-dua bulan Juli 2019. Tak lupa pula keikutsertaan karantina pertanian Yogyakarta dalam lomba senam kreasi Agro Gemilang dan lomba website tentunya.

Anjangsana ke panti sosial Treshna Werda Budi Luhur menjadi pengalaman tersendiri bagi kami. Bertemu dengan 95 (sembilan puluh lima) eyang-eyang dengan masalah sosial dan ekonomi yang berbeda-beda. “Rumit-rumit mengasyikkan menangani eyang-eyang disini”ujar Gatot, Kepala Balai Dinas Sosial Treshna Werda Budi Luhur. Di panti ini, eyang-eyang tidak hanya tidur dan makan, mereka mempunyai aktivitas rutin juga. Olahraga, pembinaan mental, bernyanyi bersama bahkan membuat rajutan atau menjahit. Tetap kreatif diusia senja.

Semarak rangkaian bulan bakti karantina tidak hanya dengan perayaan yang luar biasa, namun dengan berbagi dan berinteraksi menjadi keistimewaan tersendiri. Be Quarantine Minded.