Karantina Pertanian Yogyakarta 3 (tiga) hari berturut-turut diaudit dan dikawal oleh Tim Inspektorat Investigasi untuk lengkapi dokumen beserta evidence sebagai instansi pelayanan publik yang berkomitmen wujudkan Wilayah bebas bersih melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi (20-22/5).

Menjadi satu dari sekian instansi pelayanan publik yang diajukan sebagai kandidat penerima penghargaan WBBM lingkup Kementerian Pertanian jadi kebanggaan tersendiri untuk kami. Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) sudah kami raih, tantangan selanjutnya adalah penghargaan WBBM. Tak mudah namun semangat Zona Integritas (ZI) mutlak di miliki oleh seluruh instansi pelayanan publik.

“Lakukan dalam keseharian, jangan hanya pemenuhan dokumen” pesan bu Vivi selaku pengendali teknis, ketika berkutik dengan lembar kerja WBBM. Dokumen kelengkapan dan evidencenya memang banyak , namun jika kita sudah mengimplementasikannya dalam keseharian maka bukti kegiatannya pun juga dalam keseharian pekerjaan kita.

Ada beberapa penyaringan sesuai ketentuan dari Menpan-RB, seleksi awal atau desk evaluation kemudian survei lapangan dan observasi lapangan. Untuk survey lapangan akan dinilai persepsi pelanggan, kaitannya dengan kepuasan dan integritas. Nah biasanya dalam penilaiannya, Menpan-RB bekerja sama dengan surveyor daerah semisal Badan Pusat Statistik (BPS) di daerah masing-masing.

Mari kita gelorakan semangat zona integritas. “Smart membangun ZI” ujar pak Heri selaku ketua tim.