Sehari setelah pemilihan presiden dan anggota legislatif, kegiatan sertifikasi karantina tetap berjalan seperti biasa (18/4). Namun ada yang tak biasa di hari ini, karantina yogyakarta berikan apresiasi pada pengguna jasa pertama di kantor balai dan seluruh wilayah kerja layanan karantina Yogyakarta. Khusus bagi pengguna jasa pertama di shift pagi pukul 04.30 wib di wilayah kerja adisucipto dilayani langsung oleh Kepala Balai. “Momentum ini sebagai pengingat petugas karantina untuk berikan layanan berkualitas” ujar Drh. Ina Soelistyani.

Ada lagi yang tak biasa, selain dilayani langsung oleh kepala balai dan pejabat struktural lainnya, pengguna jasa juga mendapatkan merchandise dan juice buah sehat. Bukan tanpa sebab, apresiasi kali ini bertepatan dengan momentum peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019, yang diperingati setiap tanggal 20 April.

Pengguna jasa karantina dapat juga disebut sebagai konsumen layanan karantina, nah momentumnya pas banget. Momentum Hari Konsumen Nasional 2019 (Harkonas) bertujuan untuk mengingatkan kembali pada seluruh petugas karantina pertanian Yogyakarta  untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas pada pengguna jasa atau konsumen. Semangat Harkonas juga dimanfaatkan untuk menggali informasi dari pengguna jasa mengenai kualitas pelayanan selama ini melalui wawancara langsung oleh pihak manajemen.