KETIKA JATUH CINTA SAAT LIBURAN

(Ditulis oleh : Drh. Siti Nurhayati, Medik Veteriner)

Masa liburan sekolah hampir tiba, Yogyakarta kota budaya dan pelajar ini menawarkan beragam wisata yang patut dikunjungi pada liburan akhir semester ini. Obyek wisata yang menarik untuk  dikunjungi meliputi tempat bersejarah, pertunjukan kesenian yang beraneka ragam, wisata kuliner yang khas,  sampai dengan  pasar hewan dan tumbuhan terbesar se-Asia Tenggara“PASTY”  menjual beragam binatang kesayangan dan tanaman hias yang banyak dicari para pecinta hewan dan tubuhan.

Maraknya hoby  dengan memelihara hewan kesayangan seperti anjing, kucing, burung, hamster sampai dengan hewan eksotik seperti ular, sugar glider, landak mini dan sebagainya menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi. Bagaimana seandainya kita jatuh cinta dengan seekor sugar glider di tempat ini, dan harus membawanya pulang ke luar Yogyakarta naik pesawat?

Sugar Glider(Pertaurus breviceps), mukanya yang lucu, cantik, imut, dan menggemaskan seolah menarik perhatian kita untuk memilikinya.  Mamalia kecil berkantong ini merupakan hewan nokturnal yang cerdas dan tidak begitu susah pemeliharaanya. Pastikan asupan nutrisi makananya tercukupi dengan baik, tempat bersih, kering, dan jauhkan dari stress maka si imut ini akan tetap cantik dan lincah. Adaptasi dengan lingkungan baru tetap ada tentunya, nikmati prosesnya perlahan dan siimut ini akan menjadi kesayangan anda.

Habitat asli hewan ini dari darah Indonesia bagian timur, hewan lucu ini disenangi tidak hanya oleh anak-anak tapi juga orang dewasa, setelah anda miliki tentunaya berkeinginan untuk segera membawanya pulang, lalu bagaimana jika tempat tinggal kita jauh dan harus naik pesawat? Bagaimana prosedur dan apa saja persyaratan Karantina untuk membawa lewat bandara?

Pertama belilah sugar glider yang sehat, mata jernih dan ekspresif, bulu halus mengkilap dan tidak rontok serta bergerak lincah.  Persipan dokumen kelengkapannya berupa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta,  surat sehat ini dikeluarkan oleh dokter hewan dinas Kota Yogyakarta setelah memeriksa hewan dalam kondisi sehat.

Gambar terkait

Pastikan surat sehatnya memuat data yang benar, meliputi nama pemilik, jenis hewan, ciri fisik , jenis kelamin, jumlah, umur, tanggal pengiriman, dan daerah tujuan. Jika sudah pasti jadwal kepulanganya segera bawa ke kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta dengan membawa hewan dan surat sehatnya utk selanjutnya diserahkan kepada petugas karantina untuk dilakukan tindakan karantina.

Dokumen akan diperiksa kelengkapan dan keabsahnya, selanjutnya pemeriksaan fisik dilakukan dan apabila dinyatakan sehat oleh Dokter Hewan Karantina maka akan  terbitkan  sertifikat KH 11 yang menyertai hewan terbang ke daerah tujuan. Pastikan sertifikat karantina tidak hilang dan laporkan kedatangan kepada petugas karantina di bandara tujuan.

Selamat berlibur…