Handling Complain Pengguna Jasa

Diawali dengan pre-test yang pasti jadi momok, games nilai dirimu sendiri dari sisi baik dan burukmu, menepis kekakuan kegiatan In House Training (IHT) Public Speaking and Excellence Service.

IHT Public Speaking

Kemarin 35 (tiga puluh lima) pegawai dan Tenaga Harian Lepas (THL) karantina yogyakarta mengikuti In House Training (IHT) Public Speaking and Excellent Service dengan narasumber Kartika Fajar Nieamah, SS, M.Sc sekretaris Prodi pramugari – pramugara Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta.

Kembali tingkatkan kualitas pelayanan prima, kegiatan IHT ini dititik beratkan pada handling complain oleh pengguna jasa. Mudah atau susah? Kuncinya tergantung pada kemampuan public speaking dan cara kita menyampaikannya.

Ada 3 (tiga) level handling, yakni informatif, persuasif dan represif dalam menghadapi complain pengguna jasa.

Selain level-level tersebut diatas, grooming, komunikasi yang efektif dan etika melayani juga harus dikuasai dengan baik.

“Body language dan senjata pengetahuan peraturan perundangan juga jadi bekal penilaian publik kepada kita” ujar ibu Kartika dalam paparannya kemarin.

Kesan pertama memang selalu jadi tolak ukur , nah untuk itu selain rapi dan mengenakan seragam dinas lengkap, penampilan diri yang bersih berbekal ‘senjata’ (pemahaman peraturan karantina) buat kita jadi Petugas Karantina keren dan berkualitas.

#KarantinaYogyakarta
#LaporKarantina