Karantina Yogyakarta Upayakan Capai Target Luas Tambah Tanam

Lima kecamatan di DI Yogyakarta kembali menjadi target lokasi untuk mengetahui pencapaian Luas Tambah Tanam (LTT) pada 28-29 Agustus lalu. LTT ini diperuntukkan beberapa komoditas pertanian meliputi padi, jagung dan kedelai serta kendala dan permasalahannya.
.
Kecamatan Depok, Ngemplak, Tempel, Seyegan dan Mlati kali ini yang menjadi tujuan Tim Pelaksana Tambahan UPSUS lingkup Karantina Yogyakarta. Berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten dan UPT BP4 wilayah III Seyegan-Sleman untuk sinkronisasi data di lapangan, serta langsung mengambil foto kondisi lapangan sebagai bukti otentik laporan ke pusat.
.
Target dari pusat untuk 3 kabupaten yang menjadi tanggung jawab Karantina Yogyakarta lumayan besar SobatQ. Dengan adanya alih fungsi lahan yang sumber airnya melimpah sangat disayangkan (Kelurahan Sinduadi, Kecamatan Mlati). Sementara daerah lain airnya sangat terbatas sehingga tidak dapat berproduksi sepanjang tahun.
.
Disamping permasalahan air, terdapat juga daerah dengan endemik tikus. Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, petani mengalami kerugian karena wabah tikus. “Kami pernah nekat tanam padi bu, tapi akhirnya habis oleh tikus dan rugi besar” ujar Mbah Nrimo petani di Kecamatan Seyegan
.
Permasalahan alih fungsi lahan, pengairan sawah dan wabah tikus harus dicari solusinya bersama. Karena itulah kita ada dengan program UPSUS Kementerian Pertanian.