Sayang, Si Cantik Ini Harus Dimusnahkan Karantina

Siapa yang tak tahu cantiknya bunga anggrek bulan SobatQ? Putih, kuning, ungu sangat cantik. Namun siapa sangka anggrek – anggrek ini datang dari luar negeri tanpa dilengkapi surat kesehatan karantina. Dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, tanaman anggrek ini pun dimusnahkan.

Dihadiri oleh perwakilan dari Bea Cukai, POLDA DIY, Angkasa Pura, perwakilan air line serta PPNS dan penyidik lingkup Karantina Yogyakarta, kegiatan pemusnahan untuk periode bulan Agustus digelar siang ini.

Tak hanya tanaman anggrek, ginseng, buah-buahan segar, umbi lapis, keju, bulu burung merak, sosis dalam jumlah besar pun turut dimusnahkan. Hal ini karena melanggar UU No. 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan beserta Peraturan Pemerintah (PP) turunannya.

“Maraknya penumpang dari luar negeri yang membawa media pembawa tanpa dilengkapi dengan sertifikat kesehatan karantina akan dianalisa lebih lanjut” ujar drh. Nurlia Ardianti, Kepala Seksi Karantina Hewan dalam sambutannya.
“Apakah karena faktor ketidakpahaman, kesengajaan atau kesulitan dalam pengurusannya” ujarnya lagi.

Sebagai petugas karantina kita wajib mensosialisasikan kepada masyarakat umum. Mengenai pentingnya menjaga keamanan hayati nabati dan hewani yang keluar dan masuk ke wilayah Republik Indonesia.

Nah lewat artikel ini semoga semakin banyak masyarakat yang memahami pentingnya kesehatan media pembawa yang dilalulintaskan. Kalau belum mengerti, jangan ragu untuk menghubungi kami.