‘Debar’ Visitasi oleh Tim Juri di Senin Pagi

Hak untuk tahu merupakan slogan layanan informasi publik, yaitu implementasi dari kewajiban badan publik dan komitmen pimpinan kepada publik untuk membuka informasi sesuai amanat UU. No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Senin lalu (6/8), tim juri dari Komisi Informasi Publik (KIP) dan Sinar Tani berkunjung ke Karantina Yogyakarta dalam rangka visitasi lomba pemeringkatan PPID. Deg-degan pastinya SobatQ, namun berbekal kelengkapan sarana, prasarana serta dokumen informasi publik sesuai Self Assesment Question (SAQ) kami siap menghadapi tim juri.

Kulak-kulik kelengkapan ruang pelayanan informasi, leaflet, banner, alur, daftar informasi publik dan tentu saja sesi interview langsung dengan tim PPID Karantina Yogyakarta.

Tya dan Desi dari KIP serta Yulianto dari Sinar Tani, adalah juri yang mengevaluasi layanan informasi publik yang kami laksanakan. “Tambahkan alur atau flowchart di leaflet PPID dan update tanggal validasi DIP,” ujar Tya. “Progress bar dan header website untuk dibuat lebih menarik,” ucap Yulianto.

Masih ada beberapa review dari tim juri yang harus kami tambahkan. Tentunya untuk memperbaiki kualitas layanan informasi publik. Apapun hasil dari pemeringkatan ini, kami tetap akan selalu memperbaiki kualitas layanan informasi publik di Karantina Yogyakarta.