Ada uji serologi di laboratorium karantina pertanian Yogyakarta

Setelah mendapatkan sertifikat akreditasi ISO 17025, laboratorium Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta terus berbenah.

Dari segi sarana dan prasarana, laboratorium karantina telah dilengkapi dengan alat yang cukup memadai misalnya centrifuge, inkubator, hot plate stirer, spektrofotometer, laboratory freezer, laminar air flow, biosafety cabinet dan lain-lain.

Dari sisi sumberdaya manusia, kompetensi personil laboratorium telah mengacu pada standar ISO 17025 sesuai persyaratan KAN, terdapat analis, penyelia dan penyelia utama masing-masing laboratorium yang setiap tahun diupgrade dengan pelatihan, magang maupun in house training.

Sebagai contoh, laboratorium serologi menerima pengujian HA/HI dengan jadwal penerimaan sampel setiap hari Senin s.d. Jumat, jadwal pengujian HA/HI dilakukan setiap hari Senin, Rabu dan Kamis saat jam kerja. Sehingga pengguna jasa yang akan melalulintaskan ayam, burung dan unggas lainnya dapat melakukan pengujian di laboratorium karantina sekaligus mengajukan permohonan sertifikasi.

Hasil akhir peningkatan kinerja laboratorium dilakukan agar pelayanan karantina dapat lebih cepat, tepat dan efisien sesuai ekspektasi pengguna jasa dan masyarakat. Namun perlu diingat bahwa tetap mengedepankan pengawasan keamanan hayati hewani dan nabati demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.