(18/4) Tim dari DAWR Australia di dampingi oleh jajaran Kementerian Pertanian (Badan Karantina Pertanian, Dirjen Hortikultura, PPHP), Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten DIY serta OKKPD, berkunjung ke Kebun Buah Naga Sabila Farm, Kebun Buah Naga Teguh Farm dan Packing House Buah Mitra Turindo. Kunjungan ini merupakan langkah awal verifikasi buah naga sebagai jalan pembuka ekspor buah naga ke Australia.

Dalam field visit kali ini interaksi antara Tim DAWR dengan pemilik kebun dan packing house didampingi Tim Kementerian Pertanian serta dari Dinas Pertanian Propinsi dan OKKPD setempat menitikberatkan pada proses budidaya buah naga, target pest, packing, masa penyimpanan dan proses pengiriman.

Kegiatan ini adalah bagian dari inisiasi proses persiapan pelaksanaan ekspor buah naga ke Australia oleh Kementerian Pertanian. Tentu saja didampingi oleh karantina sebagai lini utama pencegahan masuk dan tersebarnya OPTK/HPHK serta keluarnya OPT/HPH dan pastinya untuk meningkatkan akselerasi ekspor.