Sosialisasi Benturan Kepentingan (Benting) – Conflict of Interest

Yogyakarta (16/5) Disampaikan pada saat rapat umum bulanan di hall lantai III Kantor Karantina Yogyakarta, segenap pegawai Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta ikuti sosialisasi benturan kepentingan yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Budi Susilo, SE.

Benturan kepentingan adalah situasi dimana seorang yang mempunyai kekuasaan dan kewenangan memiliki atau diduga menggunakan kepentingan pribadi atas setiap penggunaan wewenang yang dimilikinya sehingga dapat mempengaruhi kualitas dan kinerja yang seharusnya.

Dalam paparannya, dijelaskan mengenai jenis benturan kepentingan, sumber benturan kepentingan serta tata cara pencegahan dan penanganan benturan kepentingan. Membiasakan yang benar dan sesuai prosedur dapat menghindarkan kita dari benturan kepentingan.

Dapat dimungkinkan terjadi benturan kepentingan dalam pelaksanaan pelayanan karantina. Bagi pengguna jasa yang sudah mengenal baik petugas karantina maupun “saudara” petugas karantina yang hendak menggunakan pelayanan jasa karantina. Memberikan peluang terjadinya benturan kepentingan. Namun hal ini kembali pada pribadi masing-masing.

“Jadikan integritas pribadi menjadi integritas organisasi sebagai budaya kerja, jangan menjadi suatu keterpaksaan” kata Budi Susilo dalam paparannya.

Untuk pengawasan internal Benting lingkup Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta sudah ditetapkan oleh manajemen berupa penetapan Tim Penanganan Benturan Kepentingan.

#karantinayogyakarta
#laporkarantina