PROSEDUR PENANGANAN KEADAAN DARURAT DI TEMPAT KERJA DAN OPERASIONAL LAYANAN KARANTINA  

Perencanaan Penanganan Keadaan Darurat

Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta  melakukan identifikasi terhadap potensi keadaan darurat  yang berisi.

  1. Rencana pengendalian terhadap potensi keadaan darurat yang ada dengan metode dokumentasi berupa pembuatan Standar Keadaan Darurat , nomor telepon penting, struktur organisasi keadaan darurat, tugas dan tanggung jawab team penanggulangan keadaan darurat dan standar penyimpanan tabung gas bertekanan.
  2. Sosialisasikan standar keadaan darurat untuk memastikan setiap karyawan mengetahui tatacara penanganan keadaan darurat.
  3. Lakukan uji coba penanganan keadaan darurat sesuai jadwal uji coba dibawah koordinasi koordinator team penanggulangan. Tuangkan evaluasinya dalam form Evaluasi uji coba penanganan keadaan darurat.
  4. Simpan semua record ujicoba sesuai prosedur pengendalian catatan.

 Penanganan Keadaan Darurat

  1. Setiap pegawai dan pengguna jasa yang mengetahui adanya keadaan darurat harus melaporkannya kepada tim penanganan keadaan darurat.
  2. Tim K3 penanggulangan keadaan darurat bertanggungjawab menangani keadaan darurat yang ada. Untuk keadaan darurat kebakaran, penggunaan alat pemadam mengikuti standar penggunaan APAR.
  3. Jika keadaan darurat tidak dapat ditangani oleh team penanggulangan keadaan darurat, maka koordinator team harus segera menghubungi pihak luar yang terkait untuk meminta bantuan
  4. Setelah keadaan terkendali, koordinator team bertanggungjawab melakukan koordinasi investigasi bersama Kasubag TU maksimal 2 X 24 jam.
  5. Lakukan aktivitas pemulihan keadaan segera setelah keadaan terkendali
  6. Simpan semua rekaman investigasi sesuai prosedur pengendalian catatan

Pengendalian Peralatan Keadaan Darurat

  1. Tim K3  bertanggungjawab mengidentifikasi semua peralatan keadaan darurat, tuangkan dalam form daftar peralatan keadaan darurat.
  2. Tim K3  bertanggungjawab untuk memastikan peralatan keadaan darurat dalam kondisi baik dan siap pakai, untuk kepentingan ini, lakukan inspeksi peralatan keadaan darurat, gunakan form check list APAR, check list kotak P3K, dan check list box alarm system.
  3. Tim K3 harus memastikan prosedur selalu dipelihara dan dilaksanakan

Pengendalian rekaman dan informasi  Keadaan Darurat

Tim K3 bertanggungjawab mengidentifikasi semua peralatan keadaan darurat, tuangkan dalam form daftar peralatan keadaan darurat.

CATATAN TERKAIT

  1. Daftar Potensi Keadaan Darurat
  2. Daftar nomor Telepon Penting
  3. Struktur Organisasi Tim Tanggap Darurat
  4. Tugas dan Tanggung Jawab Tim Tanggap Darurat
  5. Jadwal Uji Coba Keadaan Darurat
  6. Evaluasi Ujicoba Keadaan Darurat
  7. Laporan Investigasi Keadaan Darurat
  8. Daftar Peralatan Keadaan Darurat
  9. Check List APAR
  10. Check List Kotak P3K
  11. Check List Box Alarm System
  12. Standar Tanggap Darurat Kebakaran
  13. Standar Tanggap Darurat Gempa Bumi
  14. Standar Tanggap Darurat Terkena Bahan Kimia wabah biologik
  15. Standar Tanggap Darurat Evakuasi
  16. Standar Penggunaan APAR