Sedapnya Bebek Sampai ke Balikpapan

Bebek goreng, siapa tak suka penganan yang satu ini? Selain rasanya yang gurih dan nikmat, dagingnya yang crunchy dan tulangnya yang empuk disukai pecinta kuliner. Namun tak pelak, kolesterol menjadi alasan tersendiri untuk membatasi mengonsumsi penganan ini.

Semalam, 414 kg bebek dan ayam berbumbu siap goreng, dilalulintaskan ke Balikpapan melalui Bandara Adisucipto.

Disertifikasi petugas Karantina Yogyakarta Wilayah Kerja Adisucipto, drh. Siti Nurhayati dan paramedik veteriner Wiwik Ida Aris, berikut syarat kelengkapan dokumen untuk HBAH ini SobatQ. Yang pertama adalah SKPAH (Surat Keterangan Produk Asal Hewan), hasil lab (TPC) < BMCM, sertifikat halal dari MUI dan rekomendasi masuk dari daerah tujuan.

“Pemeriksaan fisik kami lakukan untuk pastikan kesesuaian jenis dan jumlah dan apakah secara organoleptik produk hewan olahan tersebut memenuhi standar sanitasi,” ujar drh. Siti.

“Begitu pula kemasannya dipastikan utuh, tidak bocor sehingga rantai dingin selama pengangkutan terjaga sampai daerah tujuan,” tambahnya lagi. Karantina turut menjaga keamanan pangan yang dilalulintaskan dan sehat untuk dikonsumsi.