Ekspor Kayu Mahoni, dari Yogyakarta menuju Kanada

Kayu mahoni merupakan kayu khas daerah tropis. Dengan karakteristik berwarna merah muda, memiliki serat lurus, bertekstur halus dan berpori kecil, kayu ini banyak digunakan sebagai bahan baku mebel.

Selasa, 27 Februari 2018, 150.300 pcs kayu mahoni (Garden Stakes) diperiksa Siti Chotijah, POPT Karantina Yogyakarta di Wonosari-Yogyakarta.

Kanada adalah negara tujuan ekspor media pembawa kayu mahoni. Dengan nilai sebesar Rp. 494.941.320 komoditas ini diperiksa kebeneran jenis, jumlah, kesehatannya, bebas dari OPT, jamur, dan tentunya media pembawa harus kering bersih dan bebas dari kotoran apapun.

“Dari hasil pemeriksaan, media pembawa dinyatakan bebas serangga dan jamur serta bersih dari kotoran apapun dan bisa diproses untuk diterbitkan Phytosanitary Certificate,” ujar Siti. “Satu lagi, kayu mahoni ini menggunakan fumigasi standar Aqis,” tegasnya. Hal ini dipersyaratkan oleh negara tujuan, yaitu Kanada.

Mari kita dukung ekspor Indonesia untuk meningkatkan devisa negara kita. Karantina, ada untuk meningkatkan akselerasi ekspor Indonesia.